Tarian Ombak, bagian21 - novel

(silahkan klik DISINI untuk membaca bagian pertama)


21

Indian muslim?
John termenung memikirkan artikel yang baru saja dibacanya. Beberapa abad sebelum Columbus, para pelayar muslim telah mendarat di benua Amerika. Sebagiannya bahkan menetap dan menikah dengan penduduk asli, Indian!.

“Pada tahun 1527, Penjelajah Spanyol Panfilo de Narva'Ez meninggalkan Spanyol menuju Amerika. Ekspedisi ini mengalami banyak sekali ujian. Banyak kapal yang dihancurkan oleh orang-orang Hurricane dan kelompok Indian lain, yang menyebabkan terbunuhnya sejumlah besar anggota ekspedisi itu.
Setelah itu, ketika hanya tinggal sedikit anggota ekspedisi yang tersisa, ekspedisi dilanjutkan dengan dipimpin oleh Cabeza de Vaca, pejabat keuangan Narva'Ez, bersama dengan Estevanico.
Estevanico adalah seorang Arab Negro, seorang muslim yang datang dari Azamore , Maroko. Ia adalah salah satu di antara dua orang yang pertama kali mencapai pantai barat Mexico dalam sebuah ekspedisi melalui darat dari Florida menuju Pantai Pasific.
Di tahun 1600, Melungeons pertama dilaporkan terlihat di selatan Lembah Appalachian. Kebanyakan dari Melungeons ini adalah orang-orang Portugis dan Afrika Utara. Bersama orang-orang Portugis itu juga terdapat orang-orang Moriscos (orang-orang Islam yang dipaksa menganut Katolik) yang melarikan diri dari penyiksaan Spanyol.
Pada tahun 1654, Penjelajah Inggris (berdasarkan laporan dari Jamestown), menemukan koloni  orang-orang "Moors" yang berjenggot dan memakai pakaian seperti orang Eropa, di daerah pegunungan yang kini dikenal sebagai Carolina Utara. Mereka tinggal di pondok-pondok kayu, bekerja sebagai penambang perak. Diceritakan bahwa mereka berdoa beberapa kali sehari dengan cara menjatuhkan lututnya (sujud).


Afrika, negro… mungkin masih bisa kupercaya... Tapi Indian? Hhh…

-  *  -
John melangkah menuju jendela, menatap kegelapan hutan. Untuk beberapa saat dipandanginya langit yang bertaburan bintang, mencoba mencari sebuah titik terang. Ia menghisap rokoknya dalam-dalam kemudian kembali mendatangi notebook_nya, mencoba merangkum sejarah keberadaan orang-orang Islam di Amerika dari berbagai artikel yang berhasil dikumpulkannya.

Columbus sendiri mengakui dalam dokumennya, bahwa pada hari Senin tanggal 21 Oktober 1492 ketika kapalnya  sedang berlayar dekat Gibara di dekat pantai Cuba, ia melihat sebuah mesjid di atas sebuah bukit yang indah.
Ahli bahasa dan sejarawan Amerika, Leo Weiner dari Harvard University, dalam bukunya Africa and The Discovery of America (1920) menulis bahwa Columbus benar-benar menyadari tentang keberadaan orang-orang Mandinka di dalam Dunia Baru-nya itu, dan bahwa orang-orang Islam dari Afrika Barat telah menyebar di seluruh Caribbean juga wilayah Amerika Utara, tengah dan selatan, termasuk Canada. Di daerah itu mereka telah berdagang dan mengawini sanak keluarga dari orang-orang Indian Iroquois dan Algonquin.

John menyandarkan tubuhnya ke kursi, matanya lekat memandangi tabel beberapa istilah dalam bahasa Indian yang menunjukkan adanya hubungan dengan istilah dalam Islam atau mempunyai akar kata dari bahasa Arab atau Turki diantaranya allegheni, Niagara, hadjo, Shawnee, dan lain-lain.



-  *  -

tarian-ombak-bagian20 : novel:opinians... bersambung ... tarian ombak, novel opinians.blogspot.com



baca cerita lainnya: MENJARING BUIH



Tidak ada komentar :