Klasifikasi Manusia Ditinjau Dari Cara Mereka Bermain Game

selamat menimati kopi anda, smg hari ini penuh berkah. Artikel ini adalah sebuah tulisan yang saya posting ulang dari akun facebook pribadi, ian di facebook, pada tanggal 2 April 2014.


Klasifikasi Manusia Ditinjau Dari Cara Mereka Bermain Game



TaskMan.

yang berada dalam kelompok ini adalah mereka yang ketika bermain selalu berapa pada pola mengikuti dan menyelesaikan tugas/task/tantangan/quest yang diberikan oleh sistem pada game tersebut, dengan menggunakan resource/sumberdaya yang dimilikinya. dan, secara sadar saya mengakui bahwa saya berada pada jenis pertama ini .


Champion.

mereka ini hampir tidak perduli dengan tas/quest yang ada, atau menganggapnya adalah hal nomor dua atau sampingan saja, yang ada dipikiran mereka adalah bagaimana bisa secara cepat meraih level tinggi bahkan menjadi juara. Dalam sebuah game perang, kelompok ini cenderung agresif, mereka gunakan semua resource untuk membangun banyak tentara/kekuatan, logikanya adalah semakin kuat pasukan akan semakin bisa menang dan memperoleh EP (eksperiens point) yang tinggi untuk mempercepat kenaikan level.


Pemikir.

kalau kelompok kedua berfokus pada kekuatan/daya, maka kelompok ketiga ini mereka tidak sekedar bermain tapi juga menganalisa secara serius sebuah game sampai kepada hal yang sekecil-kecilnya. mereka ini suka menghitung dan membuat sebuah tabel perbandingan berbagai elemen yang ada dalam sebuah game, mulai dari daftar perbedaan kekuatan setiap jenis tentara, kecepatannya, berapa lama proses pembuatannya, perbandingan kekuatan antara infanteri dan kavaleri, dll dll, dengan analisa yang lengkap ini mereka menciptakan panduan-panduan khusus untuk menjalankan sebuah game.
pada tingkatan yang lebih tinggi, sebagian dari mereka melakukan hal itu terkadang bukan hanya untuk bisa menang dari pemain lain, bahkan berusaha mengalahkan sistem itu sendiri.


game stormfall age of war
screenshot game Stormfall Age of War dari Plarium


sebenarnya masih ada kelompok lain yang masuk ke dunia game tapi mereka tidak bisa disebut sebagai gamers.
yang pertama, mereka yang masuk ke sebuah game bukan bertujuan untuk semata bermain atau ingin menang, tapi karena alasan bersosialisasi, mencari banyak teman, dan ngobrol. mereka ini biasanya usianya sudah tidak muda lagi dan punya banyak waktu luang di rumah. Yang termasuk di dalam kelompok ini juga ada sebagian kecil orang-orang yang mencari jaringan/teman dengan tujuan-tujuan khusus yang hanya mereka sendiri yang tahu.

yang kedua, programmer. mereka ini adalah orang-orang yang menciptakan program khusus yang digunakan untuk mengalahkan sistem game tersebut, lebih umum dikenal sebagai BOT. tujuannya pun bisa macam-macam, bisa untuk sebuah kebanggaan atau mungkin juga dijual kepada mereka yang membutuhkannya.

dan yang ketiga, pengguna BOT. mereka ini menggunakan BOT yang diciptakan programmer2 tersebut untuk bisa menang dalam bermain. tujuannya juga bisa macam-macam, sekedar kebanggaan atau memang ingin mencari uang dengan cara menjual resource yang mereka dapatkan dalam permainan tersebut.
kelompok terakhir inilah yang paling tidak disukai oleh komunitas gamers dan memang kenyataannya para pengguna BOT tidak akan mempunyai banyak teman sesama pemain, karena memang tujuannya bukan untuk bermain.

Nah, kira-kira anda berada pada kelompok yang mana? Karena sebenarnya jenis-jenis yang saya kelompokkan diatas sebenarnya juga menjadi gambaran tipe manusia dalam kehidupan nyata, baik itu dalam lingkungan kerja, bermasyarakat, atau berpolitik dan bernegara .


Tidak ada komentar :